Monday, August 3, 2015

Ikhtiar Part 5 : tes HSG

25 Juli 2015

"HSG"


Harusnya tes hsg dilakukan bulan lalu tapi karena bersamaan dengan bulan puasa Lutfi minta aku untuk nunda sampai bulan berikutnya, alesnnya fokus dulu saja sama puasanya. Oke bener juga sih bulan ini ibadah dulu aja, ga usah mikirin macem-macem.

Hari sabtu bulan berikutnya pas dengan hari ke-9 dari haid pertamaku, sebelumnya sudah bikin janji dulu dengan bagian radiologi untuk tes hsg hari ini. Persyaratannya tidak boleh berhubungan 3 hari sebelum tes dilakukan dan disarankan untuk sarapan dulu serta bawa 1 pembalut.

Jam 8 datang ke YPK, daftar seperti biasa dan dokter baru ada pkl. 08.30, kali ini dokternya perempuan, alhamdulillah sebelumnya juga udah sempet nanya sih waktu bikin janji sama susternya, namanya dr. Aditya Hapsari, SpRad.

Sebelum masuk aku dikasih obat "Buscopan Plus" yang harus diminum sebelum tes dilakukan, obat ini untuk mengurangi pergerakan usus sehingga nanti diharapkan tidak ada "adegan muntah" ketika tes dilakukan, menurut dr. Adit dulu sebelum Beliau kasih obat ini hampir seluruh pasien suka muntah ketika hsg dilakukan..iyuuhhh

dr. Adit ini masih muda banget, orangnya tegas dan bicaranya cepet tapi enak banget, Beliau ngejelasin semua prosedur pake gambar pula malah aku lebih banyak dapet info dari Beliau dibanding dr. Andon.
dr. Adit bilang nanti ketika cairan disemprotkan rasanya mules kayak mau ngelahirin ya itung-itung latihan katanya. What?!

Mulai deg-degan, disuruh ganti baju dulu pake baju perawatan, pipis dulu kalo mau (di dalem ruang tesnya ada toilet kok ). Kemudian naik ke tempat tidur, dikasih bantal di bawah pinggul, dibuka kakinya, dikasih betadine, baru deh dimasukin kateter, hhmm buat aku berasa banget sih pas dimasukin kateter terus disemprotin cairan langsung mules luar biasa, kayak lagi haid tapi lebih lagi, untungnya dr. Adit ngebolehin Lutfi masuk, disuruh pegang tangan aku dan kasih support..aahh so sweet banget sih dr. Adit terus Beliau juga ngajak ngobrol terus untuk ngalihin perhatian aku dari rasa mules itu. Setelah selesai aku masih mules dan disuruh tiduran miring dulu aja disitu sebentar baru boleh bersih-bersih.

Setelah selasai dr. Adit ngasih tau hasilnya, tuba aku paten dan kondisi rahim bagus. Alhamdulillah. Setelah bayar ke kasir balik lagi untuk ambil hasil rotgen nya. Selesai untuk hari ini.

Biaya:
Tes hsg 971.438,53

No comments:

Post a Comment